Welcome to my blog, enjoy visiting :)

Tuesday 5 May 2015

Kehidupan Ekonomi Kerajaan Banten


Kehidupan ekonomi kerajaan banten:

Ø Kerajaan Banten berada pada posisi yang strategis dalam perdagangan internasional. Kehidupan ekonomi kerajaan Banten bertumpu pada bidang perdagangan karena memiliki bahan ekspor penting, yaitu lada sebagai daya tarik yang kuat bagi pedagang asing. Berkuasanya Portugis di Malaka mendorong Banten untuk membuat pelabuhan di tepi Selat Sunda dan Teluk Banten, pelabuhan ini dipakai untuk ekspor lada yang akan dikirim ke luar negeri. Untuk menambah ekspor lada, Maulana Yusuf melakukan penaklukan ke Lampung. Dengan ditaklukkannya Lampung sebagai penghasil lada terbesar mampu meningkatkan ekspor ke luar negeri dan meningkatkan perekonomian

Ø Pada masa Sultan Ageng antara 1663 dan 1667 pekerjaan pengairan besar dilakukan untuk mengembangkan pertanian. Di bawah Sultan Ageng, perkembangan penduduk Banten meningkat signifikan.

Ø Tak dapat dipungkiri sampai pada tahun 1678, Banten telah menjadi kota metropolitan, dengan jumlah penduduk dan kekayaan yang dimilikinya menjadikan Banten sebagai salah satu kota terbesar di dunia pada masa tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Melati. Powered by Blogger.
© Melati Zahra Anjaningrum's | Powered by Blogger - Design by BlogSpot Design - Edited by Dhenis Alfa Oktaviano